12 February 02:11

Mengapa Strategi Pemasaran Digital Penting untuk Meningkatkan Pertumbuhan Startup

Mengapa Strategi Pemasaran Digital Penting untuk Meningkatkan Pertumbuhan Startup

Penekanan bisnis pada strategi pemasaran digital telah meningkat setiap hari karena pemasaran tradisional dengan cepat menjadi usang. Marketer/Pemasar percaya bahwa perdagangan telah berubah lebih dalam dua tahun terakhir daripada yang pernah terjadi dalam lima dekade terakhir. Strategi pemasaran digital dapat memberikan keunggulan bagi bisnis, khususnya, pemula, yang sebaiknya memanfaatkan pendekatan ini untuk melambungkan diri ke tingkat yang lebih tinggi. Kalau dipikir-pikir, itu menjadi klasik untuk memilih strategi yang paling cocok untuk yang terakhir karena kurangnya sumber daya dan keahlian pemasaran/marketing. Kami memberi Anda petunjuk tentang beberapa strategi yang paling menguntungkan.

 

Email Marketing

Dalam survei terbaru yang dilakukan oleh Demand Metric dan Data and Marketing Association (DMA), ditemukan bahwa pemasaran email memiliki ROI yang mengesankan sebesar 122 persen. Ini empat kali lebih tinggi daripada channel pemasaran lain yang dianalisis, termasuk pencarian berbayar, surat langsung dan media sosial.

Merek yang memanfaatkan potensi sebenarnya dari pemasaran email pada akhirnya akan menuai dividen.

 

Pemasaran Media Sosial

Ini adalah salah satu opsi yang lebih jelas karena pentingnya pemasaran media sosial telah diberitakan secara luas. Pemasaran media sosial telah diperkirakan tumbuh dari sekitar $ 32 miliar pada 2017 menjadi $ 48 miliar pada 2021. Sekitar 90 persen pemasar telah mengkonfirmasi penekanan strategi pada bisnis mereka, sementara 89 persen telah sepakat bahwa inisiatif media sosial mereka telah menimbulkan paparan untuk bisnis mereka.

 

Pemasaran Konten

Ini adalah salah satu strategi pemasaran paling penting yang harus dimanfaatkan oleh para startup. Pemasaran konten adalah strategi yang melibatkan pembuatan, publikasi, dan distribusi konten yang sesuai dan berharga bagi audiens target. Ini bisa dalam bentuk artikel, video, poster, blog, jingle, dan berbagai bentuk konten kreatif lainnya di mana motifnya terletak pada khalayak yang menarik.

Terlepas dari peningkatan kesadaran dan pengakuan merek, kepemimpinan pemikiran membangkitkan pemikiran kritis di antara pemirsa dan pembaca yang pada gilirannya melibatkan konsumen. Meskipun mendukung upaya SEO dan SMO perusahaan, para pemula juga harus menyadari bahwa strategi yang menguntungkan tidak memberikan hasil yang cepat. Hasilnya naik terus tetapi mendatangkan manfaat abadi.

 

Pay-Per-Click Marketing

Pay-per-click (PPC) atau iklan Google adalah strategi yang melibatkan penggunaan iklan mesin pencari untuk menarik pengunjung ke situs web perusahaan. Ini membantu untuk menghasilkan arahan yang siap untuk penjualan. Ada berbagai keuntungan praktis yang ditawarkan PPC. Misalnya, ini membantu dalam memperoleh konsumen pada waktu yang tepat dengan penggunaan kata-kata iklan yang cocok menimbulkan ROI tinggi karena pengeluarannya berdasarkan per-klik. Pada gilirannya ada transparansi dan kejelasan tentang biaya pemasaran sementara ada antisipasi minimal untuk hasil. Manfaat tambahan adalah bahwa data penting dan wawasan dapat diperoleh dengan menggunakan alat analitis yang dapat membantu memperkuat strategi pemasaran lainnya.

Namun, PPC mungkin memiliki kecenderungan untuk mengeluarkan anggaran dengan cukup cepat jika lebih banyak klik dihasilkan dibandingkan dengan konversi rendah. Karenanya, penting untuk merekayasa kampanye yang berhasil untuk memiringkan skala demi konversi di mana biaya klik tidak disia-siakan.

 

Kesimpulannya

Ada persaingan sengit di antara para pemula untuk mempertaruhkan klaim mereka di dunia bisnis, sehingga sangat penting untuk menggunakan strategi pemasaran digital yang paling cocok.

 

 

 

 

source : www.entrepreneur.com