4 March 06:14

7 Teknik untuk Mendapatkan Lebih Banyak Ulasan Pelanggan untuk Bisnis Lokal Anda

7 Teknik untuk Mendapatkan Lebih Banyak Ulasan Pelanggan untuk Bisnis Lokal Anda

 

Digital marketing selalu berkembang, namun satu hal tetap konsisten:

 

Pentingnya dari mulut ke mulut

 

Di masa lalu, dari mulut ke mulut secara harfiah dilakukan oleh pertukaran kata-kata yang keluar dari mulut orang di atas obrolan santai.

 

Percakapan tentang bisnis itu masih terjadi, tetapi sebagian besar telah berpindah ke online.

 

Tidakkah Anda lebih suka mempercayai rekomendasi dari teman atau keluarga daripada iklan bermerek?

 

Benar.

 

Bahkan, orang lebih memercayai orang lain daripada mereka percayai pada suatu merek atau iklannya.

 

Ada banyak statistik ulasan online yang membuktikan hal ini:

 

  • 82% konsumen membaca ulasan online untuk bisnis lokal.

 

  • 76% percaya ulasan online sebanyak rekomendasi dari keluarga dan teman.

 

  • Konsumen rata-rata membaca 10 ulasan sebelum merasa bisa memercayai bisnis.

 

Jadi lebih banyak ulasan pelanggan online dapat membuat perbedaan.

 

Pada awalnya mungkin terasa sulit, tetapi mengumpulkan lebih banyak ulasan untuk bisnis lokal Anda tidak sesulit yang Anda kira.

 

Coba saja tujuh teknik berikut.

 

 

1. Kumpulkan Alamat Email Saat Penagihan

 

Meminta alamat email dan nomor telepon pelanggan pada saat pembelian adalah langkah besar untuk mendapatkan ulasan dari mereka.

 

Karena biasanya, jika seseorang bersedia berbagi rincian kontak ini dengan bisnis, sangat mungkin mereka memiliki pengalaman yang memuaskan dan sangat mungkin untuk berbagi pengalaman mereka dengan orang lain.

 

2. Gunakan Poster dalam Toko untuk Mendorong Ulasan

 

Anda dapat menggunakan signage di dalam toko untuk memacu ulasan.

 

Ini bisa dalam bentuk spanduk, selebaran, brosur, dan jendela menempel.

 

Anda juga dapat memasukkan permintaan peninjauan di bagian bawah tanda terima tagihan.

 

3. Sebutkan Seberapa Besar Anda Menghargai Feedback

 

Latih karyawan Anda untuk menyebutkan seberapa banyak ulasan.

 

Ingatlah bahwa ini berlaku untuk staf di dalam toko dan dukungan online / telepon.

 

4. Sertakan Pengingat Ulasan di Situs Web Anda

 

Semakin mudah Anda membuat pelanggan meninggalkan ulasan, semakin besar peluang Anda mendapatkan lebih banyak ulasan.

 

Kedengarannya sangat jelas, namun begitu banyak bisnis tidak berupaya menyederhanakan proses penulisan ulasan untuk pelanggan mereka.

 

5. Memanfaatkan Media Sosial

 

Anda dapat menggunakan platform media sosial seperti Facebook, Twitter, atau Instagram untuk mengirim pertanyaan spesifik mengenai kinerja bisnis Anda.

 

Pengikut yang tertarik dapat diarahkan untuk meninggalkan ulasan pada platform ulasan pilihan mereka.

 

6. Dengan Responsif Menanggapi Semua Ulasan

 

Tidak peduli seberapa sibuk Anda, jika seseorang meluangkan waktu untuk meninjau bisnis Anda, itu tugas Anda untuk merespons.

 

Bahkan “terima kasih” yang tepat waktu dapat mendorong pelanggan untuk bertahan dengan bisnis Anda.

 

Dengan kata lain, respons Anda harus disesuaikan secara personal.

 

Dan juga, jangan merasa kecewa dengan ulasan negatif – mereka membantu membuat bisnis Anda lebih asli.

 

Jika semua ulasannya luar biasa, itu sesuatu yang mencurigakan.

 

7. Puaskan Pelanggan Anda Dengan Pengalaman Luar Biasa

 

Pengalaman pelanggan Anda di dalam toko adalah hal yang sangat penting untuk jumlah dan kualitas ulasan yang akan Anda terima.

 

Jika seorang pelanggan terpesona dengan produk, layanan, atau pengalaman yang mereka miliki, mereka akan merasa wajib untuk meninggalkan ulasan.

 

 

 

 

 

 

 

Source : www.searchenginejournal.com