18 March 05:25

Tips untuk Menangani Ulasan Online Negatif Pelanggan

Tips untuk Menangani Ulasan Negatif Pelanggan

Ulasan online itu penting.

 

Kita semua tahu itu, apakah kita mengerti benar bagaimana dan sejauh mana mereka penting, setidaknya dalam hal visibilitas organik di seluruh mesin pencari.

 

Google mengatakannya sendiri: ulasan positif dan interaksi pelanggan-bisnis meningkatkan visibilitas organik.

 

Tetapi, yang lebih penting, tinjauan pelanggan memengaruhi hasil bisnis nyata dan keputusan yang dibuat pelanggan.

 

Sama seperti pengaruhnya di dunia nyata (offline), ulasan tidak hanya memberi orang ide yang lebih baik tentang efektivitas dan kualitas produk, layanan, atau bisnis tertentu – mereka memperkuat pengalaman pelanggan yang lebih baik daripada rata-rata, sesuatu yang dicari semua konsumen.

 

Itu sebabnya semua merek harus menerima dan terlibat dengan ulasan pelanggan – baik atau buruk.

 

Menanggapi yang positif biasanya tidak terlalu sulit, yang negatif yang biasanya paling sulit ditangani.

 

Sulit menerima kritik yang keras.

 

Bahkan lebih sulit berurusan dengan pelanggan yang marah yang kadang-kadang dalam keadaan ini menjadi keras kepala.

 

Dengan demikian, berikut adalah tips terbaik untuk menangani ulasan negatif yang pasti akan diterima oleh semua bisnis.

 

 

1. Jawab dengan cepat

 

Jika seseorang marah dan meninggalkan ulasan negatif, mereka biasanya melakukannya langsung setelah kejadian negatif terjadi.

 

Dan mereka akan mengharapkan respons yang cukup cepat.

 

Ini adalah hal yang tepat untuk dilakukan dan juga membantu mengatasi hal yang lebih buruk terjadi.

 

 

2. Jawab dengan Jujur

 

Tidak ada yang sempurna.

 

Tidak ada satu bisnis pun.

 

Selain bersikap cepat dan bijaksana dalam respons Anda, jujurlah.

 

Kebanyakan pengulas negatif – dan pelanggan pada umumnya – lebih suka tanggapan jujur ‚Äč‚Äčatas kesalahan dengan pengertian bahwa keluhan mereka ditangani secara tulus dan adil.

 

3. Berikan Respons untuk Setiap Respons

 

Pelanggan ingin didengar.

 

Mereka ingin membuat dampak pada orang yang mengoperasikan bisnis yang ditinjau, agar kedepannya, orang lain tidak mengalami kesulitan yang sama dengan mereka.

 

Salah satu cara termudah untuk menggambarkan hal itu kepada orang-orang adalah dengan memberi mereka perhatian yang layak mereka dapatkan.

 

Tidak ada cara yang lebih baik untuk melakukannya selain dengan respons khusus yang menunjukkan kepedulian.

 

 

4.Bawa Offline

 

Praktik standar terbaik untuk menangani ulasan negatif adalah membuat komunikasi offline sesegera mungkin.

 

Kunci untuk melakukannya adalah membuatnya mudah untuk memindahkan komunikasi offline tanpa melampaui batas.

 

Jangan mencoba dan membuat pelanggan yang tidak puas menjangkau Anda.

 

Dapatkan info kontak mereka, minta cara dan waktu terbaik untuk berkomunikasi, dan minta maaf atas ketidaksenangan mereka dengan produk atau layanan Anda.

 

Karena alasan ini, respons pertama terhadap ulasan negatif adalah yang paling penting.

 

 

5.Bersyukur & Apresiasi

 

Semua respons itu bermanfaat.

 

Bersyukurlah seseorang meluangkan waktu untuk memberi Anda kritik, bahkan sangat keras, dan menghargai fakta bahwa mereka masih menawarkan Anda kesempatan untuk memperbaikinya.

 

Ulasan negatif dapat (dan seharusnya) benar-benar menjadi cara yang baik (dan gratis) untuk membuat pelanggan kembali.

 

Beberapa pelanggan tidak akan pernah melakukan itu.

 

 

6. Ambil Tindakan yang Tepat untuk Mengoreksi Masalah & Tunjukkan Kepada Pelanggan

 

Sekali lagi, pelanggan ingin didengar dan tahu bahwa mereka berdampak pada bisnis yang bersangkutan.

 

Tangani semua ulasan dengan serius.

 

Gunakan apa yang Anda pelajari dari ulasan ini.

 

Ini akan membuat perubahan.

 

Kemudian jelaskan kepada orang-orang bagaimana hal ini memengaruhi bisnis Anda.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

source : www.searchenginejournal.com