10 June 02:41

Instagram Mengatakan Perlu Izin untuk Menyematkan Foto

Instagram Mengatakan Perlu Izin untuk Menyematkan Foto

 

Pemilik situs mungkin perlu mendapatkan izin dari pengguna Instagram sebelum menyematkan posting mereka di halaman web, menurut pernyataan perusahaan.

 

Newsweek saat ini sedang digugat karena pelanggaran hak cipta oleh sseorang fotografer yang posting Instagramnya disematkan di situs mereka tanpa izin tertulis.

 

Keputusan yang dibuat dalam kasus ini dapat memiliki implikasi yang tahan lama bagi pemilik situs dalam hal menggunakan media yang diunggah ke Instagram.

 

Berikut ini lebih lanjut tentang gugatan, bagaimana perbandingannya dengan kasus serupa dari awal tahun ini, dan dampaknya bagi situs web di tahun-tahun mendatang.

 

 

Newsweek Dituntut karena Pelanggaran Hak Cipta

 

Newsweek menghubungi fotografer untuk izin menggunakan salah satu foto mereka.

 

Setelah ditolak, Newsweek malah menyematkan posting Instagram fotografer di situs mereka. Sekarang mereka dituntut untuk itu.

 

Publikasi membela tindakannya dengan mengatakan izin tidak diperlukan karena foto tersebut disematkan dari Instagram, daripada diunggah secara langsung.

 

 

Begini Yang Instagram katakan

 

Tertulis dalam persyaratan layanan Instagram bahwa pengguna memberikan lisensi hak cipta ke Instagram setiap kali mereka mengunggah foto.

 

Namun, menurut pernyataan yang diberikan kepada Ars Technica, lisensi itu tidak diperluas ke situs yang menampilkan media Instagram yang disematkan.

 

“Meskipun persyaratan kami memungkinkan untuk memberikan sub-lisensi, kami tidak memberikan satu untuk API embed kami.

Kebijakan platform kami mengharuskan pihak ketiga untuk memiliki hak yang diperlukan dari pemegang hak yang berlaku.

Ini termasuk memastikan mereka memiliki lisensi untuk membagikan konten ini, jika lisensi diwajibkan oleh hukum. “

 

Ini bisa menjadi berita buruk bukan hanya untuk Newsweek, tetapi siapa pun yang menyematkan foto dari Instagram di situs web mereka.

 

Gugatan masih dalam tahap awal dan Newsweek telah mencoba untuk mendapatkan kasus ini dibatalkan.

 

 

Sebuah Preseden Kembali pada April 2020

 

Sebuah preseden dibuat dalam kasus yang sama pada bulan April di mana Mashable dituntut oleh seorang fotografer karena menyematkan foto Instagram tanpa izin.

 

Mashable akhirnya memenangkan kasus ini, ketika hakim memutuskan bahwa fotografer “memberi Instagram hak untuk mensublisensikan foto itu, dan Instagram dengan sah menggunakan hak itu dengan memberikan Mashable sublisensi untuk menampilkan foto itu.

 

Hakim yang memimpin kasus Newsweek melihatnya secara berbeda, mengatakan tidak ada cukup bukti untuk memutuskan apakah persyaratan layanan Instagram memberikan lisensi hak cipta untuk foto yang disematkan.

 

Preseden yang ditetapkan dalam kasus Mashable bisa menjadi alasan untuk membatalkan kasus tersebut, tetapi pernyataan Instagram kepada Ars Technica membuat segalanya menjadi lebih rumit.

 

Instagram mempersulit situs lain untuk menggunakan argumen Mashable dengan menyatakan bahwa lisensi hak ciptanya tidak berlaku untuk foto yang disematkan.

 

Newsweek tidak dapat mengklaim memiliki sub-lisensi untuk menampilkan media yang disematkan ketika Instagram secara eksplisit menyatakan sebaliknya.

 

 

Apa yang Harus Dilakukan Pemilik Situs?

 

Agar tetap aman, hal terbaik yang dapat dilakukan pemilik situs adalah meminta izin sebelum menggunakan foto dari Instagram.

 

Kirimkan pesan langsung (direct message).

 

Sampai keputusan dicapai dalam gugatan terhadap Newsweek, tidak jelas apa yang dimiliki penerbit hak saat menyematkan posting dari Instagram.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

source : searchenginejournal.com