13 Opsi Penargetan Iklan Facebook yang Perlu Anda Ketahui

Menyiapkan audiens Facebook untuk pertama kalinya? Pelajari 13 opsi penargetan audiens yang tersedia untuk akun iklan Facebook Anda dan cara menggunakannya..

13 Opsi Penargetan Iklan Facebook yang Perlu Anda Ketahui

 

Saat menyiapkan pemirsa Facebook, Anda dihadapkan dengan daftar opsi penargetan yang luar biasa.

 

Di mana Anda mulai?

Bagaimana Anda menentukan audiens mana yang paling masuk akal untuk merek Anda?

 

Untuk membantu Anda menyaring semua pilihan, artikel ini akan meringkas jenis penargetan yang dapat Anda buat di bagian Audiens.

 

 

1. Penargetan Ulang Situs Web

 

Penargetan ulang situs web kemungkinan adalah opsi yang paling akrab.

 

Sebagai titik awal untuk setiap strategi periklanan Facebook, Anda harus memasang piksel pelacakan di situs web Anda dan mengatur beberapa audiens penargetan ulang dasar.

 

Tetapi pikirkan lebih dari sekadar menargetkan semua orang yang mengunjungi situs Anda, dan segmen audiens berdasarkan halaman yang mereka lihat.

 

Misalnya, Anda dapat menargetkan pengguna berdasarkan kategori layanan tertentu yang mereka minati.

 

Facebook juga memungkinkan Anda menargetkan orang-orang yang menghabiskan waktu paling banyak di situs Anda (5%, 10%, atau 25%).

 

Fitur ini dapat membantu mempersempit daftar Anda kepada mereka yang paling tertarik menjelajahi daftar produk atau membaca artikel blog.

 

Jangan lupa tentang menggunakan penargetan ulang untuk pengecualian juga.

 

Anda dapat membangun pemirsa untuk orang-orang yang mencapai halaman “terima kasih” setelah mengirimkan formulir dan menyelesaikan pembelian, tidak termasuk orang-orang ini sehingga mereka tidak terus melihat iklan.

 

 

2. Penargetan Ulang Tampilan Video

 

Dikombinasikan dengan kreatif video yang solid, penargetan ulang tampilan video menawarkan cara yang bagus untuk membagi mereka yang memiliki niat lebih tinggi dari penargetan saluran teratas.

 

Anda dapat memilih untuk menargetkan ulang orang yang telah melihat video tertentu, serta mempersempit daftar berdasarkan waktu yang dihabiskan atau persentase yang ditonton.

 

Menampilkan pengamat yang paling terlibat, iklan yang berfokus pada generasi atau pembelian dapat membantu meningkatkan tingkat konversi dengan terlebih dahulu mengidentifikasi mereka yang paling tertarik dengan merek Anda.

 

 

3. Formulir untuk Retargeting

 

Jika Anda menjalankan iklan utama di Facebook, Anda dapat membangun pemirsa untuk orang-orang yang berinteraksi dengan formulir untuk menargetkan ulang.

 

Anda dapat memilih formulir spesifik untuk dimasukkan, dan definisi audiens adalah sebagai berikut:

 

  • Semua orang yang membuka formulir.
  • Orang yang membuka dan tidak mengirim.
  • Orang yang membuka dan mengirim.

 

Anda dapat mengelompokkan orang yang membuka dan tidak mengirimkan sebagai prospek yang telah mempertimbangkan penawaran Anda.

 

Pengirim formulir dapat dikecualikan sehingga Anda tidak terus menjangkau mereka, dan Anda juga dapat terus menargetkan orang-orang ini dengan penawaran saluran yang lebih rendah.

 

 

4. Penargetan Daftar Pelanggan

 

Anda dapat mengunggah daftar individu untuk mencocokkan informasi mereka dengan profil yang ada untuk penargetan, atau menyinkronkan daftar dengan CRM yang kompatibel.

 

Selama orang-orang ini telah memilih menerima pesan pemasaran dari merek Anda, daftar ini dapat mencakup apa saja dari pelanggan buletin hingga arahan dari CRM Anda.

 

Penargetan daftar pelanggan bisa menjadi sempurna untuk menunjukkan penawaran kepada orang-orang yang berada di corong penjualan Anda tetapi belum mengonversi ke penjualan akhir.

 

Anda juga dapat menggunakan daftar untuk pengecualian, seperti memastikan Anda tidak menargetkan pelanggan saat ini dalam kampanye.

 

 

5. Keterlibatan Halaman Facebook

 

Keterlibatan pemirsa memungkinkan Anda menargetkan siapa saja yang telah berinteraksi dengan halaman Facebook Anda.

 

Opsi ini dapat menjadi cara sempurna untuk menjangkau mereka yang belum mengunjungi situs web Anda tetapi telah menunjukkan minat pada merek Anda dengan, misalnya, menyukai foto salah satu produk Anda.

 

Opsi pemirsa meliputi:

 

  • Setiap orang yang terlibat dengan halaman Anda.
  • Siapa pun yang mengunjungi halaman Anda.
  • Orang yang terlibat dengan pos atau iklan apa pun.
  • Orang yang mengklik tombol ajakan bertindak apa pun.
  • Orang yang mengirim pesan ke halaman Anda.
  • Orang yang menyimpan halaman Anda atau posting apa pun.

 

 

6. Keterlibatan Instagram

 

Jangan lupa tentang Instagram!

 

Anda juga dapat menargetkan orang-orang yang berinteraksi dengan profil bisnis Instagram Anda, menjangkau mereka di Facebook atau Instagram.

 

Opsi di sini termasuk:

 

  • Setiap orang yang terlibat dengan bisnis Anda.
  • Siapa pun yang mengunjungi profil bisnis Anda.
  • Orang yang terlibat dengan pos atau iklan apa pun.
  • Orang yang mengirim pesan ke profil bisnis Anda.
  • Orang yang menyimpan pos atau iklan apa pun.

 

 

7. Aktivitas Aplikasi

 

Brand yang memiliki aplikasi dalam platform Facebook dapat menargetkan ulang orang yang telah berinteraksi dengannya.

 

Opsi ini bisa sangat bermanfaat bagi game untuk tetap melibatkan pemain.

 

Opsi di sini termasuk:

 

  • Siapa pun yang membuka aplikasi.
  • Sebagian besar pengguna aktif (Top 5%, 10%, atau 25%).
  • Pengguna berdasarkan jumlah pembelian (Top 5%, 10%, atau 25%).
  • Pengguna berdasarkan segmen.

 

 

8. Aktivitas Offline

 

Jika Anda mengatur pelacakan acara offline untuk Facebook, Anda dapat menargetkan ulang orang berdasarkan tindakan yang mereka ambil.

 

Acara offline dapat mencakup pembelian fisik di dalam toko yang dapat dikaitkan dengan pengguna tertentu, panggilan telepon, atau data prospek yang memenuhi syarat dari orang-orang yang telah diperiksa oleh staf penjualan Anda.

 

 

9. Keterlibatan Acara

 

Jika Anda mempromosikan segala jenis acara di halaman Facebook Anda (baik acara fisik atau virtual), Anda dapat membangun audiens berdasarkan interaksi mereka dengan halaman acara.

 

Jenis penargetan ini bisa sangat kuat untuk membuat peserta yang sebelumnya menyadari putaran lain dari acara yang berulang, atau mempromosikan produk kepada orang-orang yang menghadiri acara yang relevan.

 

Anda juga dapat terus menargetkan orang yang melihat halaman acara dan belum menunjukkan niat untuk datang.

 

Opsi meliputi:

 

  • Orang yang merespons Pergi atau Tertarik.
  • Orang yang merespons Going.
  • Orang yang merespons Tertarik.
  • Orang yang telah mengunjungi halaman acara.
  • Orang yang telah bertunangan.
  • Orang yang bertunangan dengan tiket.
  • Orang yang telah membeli tiket.
  • Orang-orang yang memiliki niat untuk membeli tiket.

 

 

10. Keterlibatan Pengalaman Instan

 

Pengalaman Instan adalah iklan layar penuh yang dapat menggabungkan gambar, video, dan salin, dengan opsi bagi pengguna untuk berinteraksi dan menggesek kreatif.

 

Anda dapat menargetkan ulang orang yang telah terlibat dengan Pengalaman Instan di Facebook atau Instagram.

 

Opsi meliputi:

 

  • Orang yang telah membuka Pengalaman Instan.
  • Orang yang telah mengeklik tautan apa pun.

 

 

11. Shopping

 

Audiens belanja memungkinkan Anda menargetkan ulang siapa saja yang berinteraksi dengan Facebook dan Instagram Shop Anda.

 

Anda dapat menargetkan orang yang melihat produk, menambahkan produk ke keranjang mereka, atau membeli produk apa pun.

 

Anda juga dapat membuat audiens pengabaian keranjang dengan menargetkan orang yang menambahkan produk sambil mengecualikan pembelian.

 

 

12. Marketplace

 

Jika Anda memiliki produk yang terdaftar di Facebook Marketplace, Anda dapat menargetkan ulang orang yang telah melihat atau mengirim pesan tentang produk.

 

Taktik ini dapat membantu mengarahkan orang langsung ke situs web Anda jika mereka menemukan listing Anda di Marketplace.

 

 

13. Pemirsa Serupa

 

Meskipun pemirsa yang mirip layak mendapatkan konten yang cukup untuk artikel mereka sendiri, perhatikan bahwa Anda dapat membuat pemirsa yang mirip dengan yang didasarkan pada salah satu jenis pemirsa di atas.

 

Facebook akan menggunakan kekayaan informasi demografisnya untuk menemukan pengguna dengan karakteristik yang mirip dengan yang ada di audiens Anda saat ini.

 

Misalnya, Anda dapat membuat yang mirip berdasarkan daftar pelanggan Anda saat ini, atau mereka yang telah menyelesaikan tindakan pembelian, untuk mencari pengguna lain dengan karakteristik yang sama.

 

Perhatikan bahwa Anda juga dapat memilih persentase ukuran pemirsa.

 

Penampilan mirip 1% akan menjadi yang paling mirip dengan pemirsa asli, sementara persentase yang lebih tinggi akan menambah lebih banyak orang tetapi juga lebih luas dalam penargetan.

 

Mulai Menargetkan!

 

Semoga artikel ini memberi Anda beberapa ide baru untuk audiens yang dapat Anda uji dalam kampanye Anda.

 

Luangkan waktu untuk meninjau melalui opsi pemirsa di akun yang Anda kelola, memutuskan mana yang paling relevan dengan merek dan mana yang dapat Anda mulai targetkan.

 

Mulai terapkan kumpulan iklan dengan pemirsa baru, dan tonton data untuk melihat kinerjanya!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

source : www.searchenginejournal.com

Read more in our Blog